Pages

Subscribe:

Selasa, 03 Januari 2012

Mouse Optik Berbahaya?


Mouse, namanya terkesan lucu mengingat bentuknya. Perangkat keras yang satu ini diciptakan untuk memudahkan interaksi serta navigasi antara pengguna/user dengan software(komputer). Tapi barusan keliling-keliling dapet info bahwasanya mouse optikal berbahaya untuk kesehatan terutama syaraf tangan. Bahkan ada yang menyaran menggunakan mouse roll ball lagi. Apakah benar demikian? Let`s cekidot!
Kira-kira 4 tahun yang lalu Microsoft telah mengembangkan mouse dari model rollball menjadi tipe optik. Namun ada riset (kalo gak salah WHO) yang mengatakan bahwa penggunaan optik berbahaya bagi kesehetan syaraf-syaraf tangan. Wah, gimana nih kalau benar? Kasian kita donk yang hobi ngegame, gimana nyari mouse rollerball toh yang jual ntah ada ntah gak?

Alasan berbahayanya adalah karena menurut perhitungannya radiasi (panas bermuatan medan elektromagnetik:kira-kira begitulah) pada mouse optik setara lima kali radiasi handphone dan juga dikatakan bahwa telapak tubuh (tangan dan kaki) pada manusia adalah bagian yang peka terhadap radiasi (selain mata dan kulit).

Perlu dicatat, mouse optik bekerja dengan memancarkan sinar optik berfrekuensi tinggi dimana frekuensi tersebut mengandung sinar elektromagnetik yang kuat. Jadi jangan coba-coba mengarahkan cahaya optik tersebut ke arah mata.

Cara mengatasinya:
1. Gunakan mouse berkualitas tinggi karena sudah dilengkapi shield alias pelindung pada optiknya. Jangan segan mengeluarkan uang lebih toh semua demi kesehatan anda juga. Terutama bagi gamers.
2. Mulailah berkomputer dengan mengandalkan shortcut layaknya pada jaman saat mouse belum ditemukan. Sedikit-sedikit paling tidak mengurangi efek buruk bagi tangan.
3. Jangan arahkan cahaya optik ke mata! Ini penting, lampu optik mungkin kelihatan seperti lampu LED biasa namun amat berbahaya karena radiasinya. Syaraf pada tangan aja bisa dirusak apalagi mata yang sensitif.
4. Gunakanlah mouse laser, dimana mouse laser bekerja dengan cahaya laser infra merah yang tak terlihat & memiliki sensitifitas tinggi/lebih akurat pergerakannya.

Sayangilah kesehatan anda, mulailah dari yang kecil karena akan bermanfaat besar bagi anda di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar