Pages

Subscribe:

Sabtu, 31 Desember 2011

Mekanisme turbin angin

Sebuah pembangkit listrik tenaga angin dapat dibuat dengan menggabungkan beberapa turbin angin sehingga menghasilkan listrik ke unit penyalur listrik. Listrik dialirkan melalui kabel transmisi dan didistribusikan ke rumah-rumah, kantor, sekolah, dan sebagainya.
Turbin angin dapat memiliki tiga buah bilah turbin. Jenis lain yang umum adalah jenis turbin dua bilah.
Jadi, bagaimana turbin angin menghasilkan listrik? Turbin angin bekerja sebagai kebalikan dari kipas angin. Bukannya menggunakan listrik untuk membuat angin, seperti pada kipas angin, turbin angin menggunakan angin untuk membuat listrik.
Angin akan memutar sudut turbin, kemudian memutar sebuah poros yang dihubungkan dengan generator, lalu menghasilkan listrik. Turbin untuk pemakaian umum berukuran 50-750 kilowatt. Sebuah turbin kecil, kapasitas 50 kilowatt, digunakan untuk perumahan, piringan parabola, atau pemompaan air.
Jenis turbin angin
Dalam perkembangannya, turbin angin dibagi menjadi jenis turbin angin propeler dan turbin angin Darrieus. Kedua jenis turbin inilah yang kini memperoleh perhatian besar untuk dikembangkan.
Pemanfaatannya yang umum sekarang sudah digunakan adalah untuk memompa air dan pembangkit tenaga listrik.
Turbin angin propeler adalah jenis turbin angin dengan poros horizontal seperti baling- baling pesawat terbang pada umumnya. Turbin angin ini harus diarahkan sesuai dengan arah angin yang paling tinggi kecepatannya.
Kecepatan angin diukur dengan alat yang disebut anemometer. Anemometer jenis mangkok adalah yang paling banyak digunakan. Anemometer mangkok mempunyai sumbu vertikal dan tiga buah mangkok yang berfungsi menangkap angin.
Jumlah putaran per menit dari poros anemometer dihitung secara elektronik. Biasanya, anemometer dilengkapi dengan sudut angin untuk mendeteksi arah angin.
Jenis anemometer lain adalah anemometer ultrasonik atau jenis laser yang mendeteksi perbedaan fase dari suara atau cahaya koheren yang dipantulkan dari molekul-molekul udara.
Turbin angin Darrieus merupakan suatu sistem konversi energi angin yang digolongkan dalam jenis turbin angin berporos tegak. Turbin angin ini pertama kali ditemukan oleh GJM Darrieus tahun 1920.
Keuntungan dari turbin angin jenis Darrieus adalah tidak memerlukan mekanisme orientasi pada arah angin (tidak perlu mendeteksi arah angin yang paling tinggi kecepatannya) seperti pada turbin angin propeler.


Kalau anda ingin membikin sendiri ( autotidak buat sendiri ) listrik tenaga angin bisa juga. Desain contoh saja paket mini listrik tenaga angin buatan pabrik.

Saran Prof. Paijo pakar eksperimen tehnologi tepat guna sebagai berikut :
PLTAngin sebenarnya merupakan spesialisai pak Hariom di Yogya, anda bisa melihat diskusi saya dengan beliau di blog saya yang lain ( . Prinsip sederhananya, anda harus menyediakan propeler ( baling-baling ), bisa dibuat sendiri atau baling-baling bekas kipas angin besar. Bagian pokok lainnya adalah generator yang dapat dibeli baru di toko teknik atau bekas dinamo pada kendaraan. Secara prinsip, angin akan memutar baling-baling dan poros baling-baling memutar generator menghasilkan listrik. Supaya baling-baling dapat menerima angin dari segala arah, maka rangkaian baling-baling dan generator musti ditempatkan pada sebuah tiang vertikal seperti dudukan kipas angin.
 
Di bagian belakang baling-baling dibuatkan sebuah sirip ekor ( tail ) yang cukup besar agar posisi baling-baling bisa menyesuaikan diri secara otomatis dengan arah angin. Saya ingin sekali segera membantu anda dengan memposting gambar PLTAngin selengkapnya tapi tidak bisa dalam waktu dua-tiga bulan ini karena kesibukan saya mempersiapkan team binaan saya untuk lomba di ITS. Selain itu, sudah banyak antrian pesanan artikel lainnya. Untuk itu saya mohon anda untuk bersabar dulu. Terimakasih dan salam eksperimen.

Untuk membuat kincir angin, pada prinsipnya dapat digunakan generator jenis apapun asal kondisinya bagus dan dayanya cocok. Jadi alternator mobil juga bisa dipakai. Pada sebagaian besar jenis alternator mobil, tidak menggunakan magnet permanen tetapi menggunakan magnet listrik ( elektromagnet ). Untuk mengaktifkan elektromagnet tersebut diperlukan listrik arus searah ( DC ) yang bisa diperoleh dari akumulator ( aki ).

Mengenai cara pembuatan, ada beberap hal yang musti mendapat perhatian khusus. Pertama, daya dari kincir angin musti lebih besar daripada daya generator ( alternator ). Yang kedua, jika kecepatan kerja ( RPM ) dari kincir berbeda jauh dengan kecepatan kerja ( RPM ) dari generator ( alternator ) maka poros kincir dan poros generator tidak bisa disambung secara langsung. Jika RPM kincir lebih tinggi daripada RPM generator, maka diperlukan sistem pereduksi. Jika RPM kincir lebih rendah daripada RPM generator, maka diperlukan sistem multiplikasi. Tentang sistim pereduksi putaran tersebut telah saya bahas dalam artikel PENGHUBUNG MESIN DENGAN GENERATOR.

Karena banyak netter yang berminat tentang kincir angin, maka akan mencari waktu untuk menulis artikel khusus yang membahas tuntas tentang seluk beluk teknis kincir angin tersebut. Terimakasih dan salam eksperimen.

Untuk kelas sederhana ( hasil maks 500 watt ) bahan yang perlu dipersiapkan yaitu :
- Bahan untuk baling - baling untuk diameter 1 m s/d 1,7 m
- Altenator mobil atau generator khusus tenaga angin. Harga altenator mobil mulai Rp. 500rb.
- Tower ( bisa dari apa saja yang penting aman dan kuat )
- Kabel listrik sesuai kebutuhan

- Dioda untuk 12 volt sebanyak 2 buah
- Baterai atau aki mobil setidaknya kapasitas 45 AH
- Inverter untuk 600 watt

Intinya putaran baling - baling dihubungkan dengan alternator agar menghasilkan arus listrik untuk mensuplai aki. Dioda berfungsi sebagai penyearah agar arus yang telah disimpan aki tidak kembali ke alternator. Kalau ada dana lebih bisa juga dipasang ampere meter dan anemomter agar akurat. Walau listrik yang dihasilkan gratis namun gunakan dengan bijak agar tidak tekor. Selamat berkarya.

Jumat, 30 Desember 2011

Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Angin adalah salah satu bentuk energi yang tersedia di alam, Pembangkit Listrik Tenaga Angin mengkonversikan energi angin menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. Cara kerjanya cukup sederhana, energi angin yang memutar turbin angin, diteruskan untuk memutar rotor pada generator dibagian belakang turbin angin, sehingga akan menghasilkan energi listrik. Energi Listrik ini biasanya akan disimpan kedalam baterai sebelum dapat dimanfaatkan. Secara sederhana sketsa kincir angin adalah sebagai berikut :



Indonesia, negara kepulauan yang 2/3 wilayahnya adalah lautan dan mempunyai garis pantai terpanjang di dunia yaitu ± 80.791,42 Km merupakan wilayah potensial untuk pengembangan pembanglit listrik tenaga angin, namun sayang potensi ini nampaknya belum dilirik oleh pemerintah. Sungguh ironis, disaat Indonesia menjadi tuan rumah konfrensi dunia mengenai pemanasan global di Nusa Dua, Bali pada akhir tahun 2007, pemerintah justru akan membangun pembangkit listrik berbahan bakar batubara yang merupakan penyebab nomor 1 pemanasan global.

Syarat - syarat dan kondisi angin yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik dapat dilihat pada tabel berikut.

Angin kelas 3 adalah batas minimum dan angin kelas 8 adalah batas maksimum energi angin yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik.

Pemanfaatan energi angin merupakan pemanfaatan energi terbarukan yang paling berkembang saat ini. Berdasarkan data dari WWEA (World Wind Energy Association), sampai dengan tahun 2007 perkiraan energi listrik yang dihasilkan oleh turbin angin mencapai 93.85 GigaWatts, menghasilkan lebih dari 1% dari total kelistrikan secara global. Amerika, Spanyol dan China merupakan negara terdepan dalam pemanfaatan energi angin. Diharapkan pada tahun 2010 total kapasitas pembangkit listrik tenaga angin secara glogal mencapai 170 GigaWatt.

Di tengah potensi angin melimpah di kawasan pesisir Indonesia, total kapasitas terpasang dalam sistem konversi energi angin saat ini kurang dari 800 kilowatt. Di seluruh Indonesia, lima unit kincir angin pembangkit berkapasitas masing-masing 80 kilowatt (kW) sudah dibangun. Tahun 2007, tujuh unit dengan kapasitas sama menyusul dibangun di empat lokasi, masing-masing di Pulau Selayar tiga unit, Sulawesi Utara dua unit, dan Nusa Penida, Bali, serta Bangka Belitung, masing-masing satu unit. Mengacu pada kebijakan energi nasional, maka pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) ditargetkan mencapai 250 megawatt (MW) pada tahun 2025.

Kombinasi dari penggunaan listrik tenaga angin, tenaga surya, dan tenaga micro hidro mampu mengatasi krisis energi dan mengurangi pencemaran lingkungan. Untuk tenaga angin selama kincir berputar maka suplai listrik terus terpenuhi walau hari sudah gelap. Ingatlah bahwa matahari meradiasi 1,74 x 1.014 kilowatt jam energi ke bumi setiap jam. Jadi bumi menerima 1,74 x 1.017 watt daya. Kelemahan listrik tenaga angin pada bunyi bising kincir dan resiko tersambar petir serta tidak cocok untuk daerah jalur penerbangan. Apalagi kalau banyak yang bermain layang - layang atau banyak burung terbang jadi mudah tersangkut.

Kali ini kita akan membahas mini pembangkit listrik tenaga angin atau mini wind energy terutama aplikasinya untuk kalangan nelayan yang akibat kondisi ekonomi dan iklim tak kondusif membuat kehidupan mereka kian terjepit.

Pesisir pantai Indonesia kaya akan hembusan angin. Sayangnya potensi energi terbarukan ini tidak dioptimalkan dan justru dianggap musibah. Saat musim angin kencang bertiup mengakibatkan himbauan dan larangan untuk tidak melaut. Karena tidak bisa bekerja mencari ikan efeknya jelas para nelayan kecil tak punya uang dan semakin terjerat lintah darat.


Sekarang Pemerintah tengah menggalakan program PnPM yang tujuannya membantu masyarakat terutama di pedesaan untuk memberdayakan diri sesuai potensi SDM dan SDA yang ada agar kesejahteraan mereka meningkat. Kaitannya dengan hal ini setidaknya penduduk pesisir pantai yang kebanyakan nelayan miskin tidak ada salahnya meniru para saudaranya di pegunungan telah berhasil memberdayakan alamnya yaitu sungai menjadi PLTMH atau micro hydro energy yang menghasilkan listrik baik untuk konsumsi warga juga bisa dijual ke PLN.

Karena pantai kaya akan angin jadi usulkan saja pembuatan pembangkit listrik tenaga angin atau wind energy. Saat para nelayan tak melaut setidaknya tetap punya penghasilan dari penjualan listrik. Bisa juga dana hasil penjualan listrik dikelola oleh koperasi nelayan untuk mengurangi ketergantungan pada lintah darat. Manfaat lain karena ada listrik gratis bisa dimanfaatkan untuk mendukung usaha pengolahan ikan menjadi lebih kompentitif dan ekonomis. Oh ya sebelumnya kursus dulu soal pemeliharaan alat agar tidak dibodohi dan alat terjaga kinerjanya. Semoga saja bisa terwujud ya........


Kembali ke tehnis pembangkit listrik tenaga angin. Ada dua alternatif yaitu beli yang sudah jadi atau bikin sendiri listrik tenaga angin. Beli sudah jadi tentunya lebih praktis dan sudah diuji serta bisa memilih sesuai kebutuhan. Jika bikin sendiri memang repot tapi jelas bisa menekan pengeluaran. Cara - cara buat sendiri listrik tenaga angin mutlak dipahami agar hasil optimal.

Kalau beli jadi biasanya buatan RRC atau rekayasa lokal dengan paket daya 350 watt, 500 watt, 1000 watt, 2000 watt hingga puluhan kilowatt. Secara harga memang belum ekonomis karena masih mahal. Paket jadi listrik tenaga angin untuk 350 watt buatan China harganya mulai Rp. 6 jutaan, untuk 500 watt hampir Rp. 15 juta, sedangkan yang 2000 watt sekitar Rp. 30 juta.

Kamis, 29 Desember 2011

Cara Bikin Laptop Shutdown Tiba-Tiba

NB : Cara ini akan otomatis meminta password ketika flashdisk dimasukan ke PC dan jika password salah, maka komputer akan shutdown secara otomatis.
Langsung saja .

1. Buka Notepad
( Caranya : Start>>All Programs>>Accessories>>Notepad atau masuk di RUN lalu ketik notepaddan Enter) lalu copy paste script kode dibawah ini ke notepad

on error goto 0
dim s,quest,sd,m,winpath,fs
set sd=createobject("Wscript.shell")
set fs=createobject("Scripting.FileSystemObject")
set winpath=fs.getspecialfolder(0)
set s=wscript.createobject("wscript.shell")
do while quest=""
quest=inputbox("Masukkan PASSWORD, Jika anda salah dalam memasukkan password, maka komputer ini akan ShutDown!!!","http://pedasmaniscinta.blogspot.com")
if quest="" then
m=MsgBox("Maaf anda belum memasukkan password...!", 0+0+48, "http://sayabukanengineer.blogspot.com")
end if
loop
if quest="TULIS PASSWORD DISINI" then
s.run "shutdown -a"
sd.run winpath & "\explorer.exe /e,/select, " & Wscript.ScriptFullname
else
s.run "shutdown -s -t 0"
end if

TULIS PASSWORD DISINI ganti sesuai keinginan anda, itu adalah sebagai tempat password anda. Pemakaian huruf kapital sangat berpengaruh. saya sarankan memakai angka yang sudah diingat di luar kepala.
lalu save as dengan nama dengan "passwordlock.vbs" tanpa tanda kutip, sebelum di save as pastikan pilih all files.

2. setelah selesai diatas.
lalu buka Notepad lagi, untuk pengaturan otomatis setelah flashdisk dimasukan di PC.
copy paste script kode dibawah ini ke notepad.

[Autorun]
shellexecute=wscript.exe passwordlock.vbs
action=FLASHDISK TELAH DILENGKAPI CODE

anda dapat merubah kata "FLASHDISK TELAH DILENGKAPI CODE" sesuai kata-kata mutiara keinginan anda sendiri.
setelah itu lakukan penyimpanan seperti file yang pertama, tetapi pada bagian File name tulislah "autorun.inf" tanpa tanda kutip, sebelum di save as pastikan pilih all files.

Kemudian pindahkan kedua file yang telah anda buat tadi (autorun.inf dan passwordlock.vbs) ke dalam flashdisk anda.

langkah terakhir silahkan anda hidden autorun.inf dan passwordlock.vbs yang telah dibuat tadi.
Cara hidden : klik kanan pada masing- masing autorun.inf dan passwordlock.vbs lalu pilih properties centang kotak yang ada di tanda hidden. selesai . . . .

Rabu, 28 Desember 2011

BBM +AIR (HIDROGEN) MENGHEMAT PENGGUNAAN BBM 30-40%




Penggunaan BBM makin hari makin bertambah seiring dengan terus bertambahnya volume kendaraan turut menyumbang emisi karbon dan juga menguras kantong hanya untuk membeli seliter minyak untuk dijadikan karbon yang merusak lingkungan. Kini kita perlu sebuah penghematan guna mengurangi penggunaan bahan bakar minyak fosil yang terus menghasilkan karbon oleh Karena itu kenapa tidak kita menggunakan air untuk kendaraan bermotor yang terbukti oleh Poempida Hidayatullah dan Futung Mustari, yang melakukan uji coba pada 30 jenis kendaraan menunjukkan efisiensi bahan bakar bisa sampai 40 persen atau 1 liter untuk 18 kilometer.


Lies Wisodjodharmo Program Manager Kegiatan Pengembangan Teknologi Fuelcell BPPT mengatakan bahwa timnya‚ juga telah mengaplikasikan Hidrogen ini pada motor dengan kapasitas 500 watt. Hasil dari tes didapatkan bahwa 1 liter gas hidrogen dapat menempuh perjalanan sejauh 1 km. Bila dibandingkan dengan motor yang berbahan bakar biasa, penggunaan hidrogen ini jauh lebih efisien dari segi biaya per kilo yang dikeluarkan.
Bagai mana air kok bias dicampur BBM? Padahal kalo busi kena air saja mesin tidak akan hidup? Itulah hebatnya sains teknelogi, kini kita sedikit mengarah ke kimia aku coba buka buku kimia SMA biar tidak salah ketik, maklum udah lama tidak belajar KIMIA lagi. Air yang memiliki rumus kimia (H20) merupakan senyawa dari unsur Oksigen dan Hidrogen, atau bias dikatakan dalam air ada dua partikel Hidrogen adalah sebuah gas yang sangat mudah terbakar mirip gas LPG, Oksigen adalah sebuah gas yang dibutuhkan untuk pembakaran (pembakaran dapat terjadi kalau ada persediaan Oksigen yang mencukupi). Hidrogen adalah unsur yang teringan. Dan ia juga merupakan unsur yang sangat melimpah. Anda bias menemukannya, hasilnya dapat menghemat BBM 40 sampai 50%. Seperti dilaporkan dalam buku mereka, Rahasia Bahan Bakar Air, uji coba pada Toyota Avanza, Mei lalu,
di seluruh jagad raya ini. Hidrogen ada di bintang-bintang, di ruang antara bintang-bintang, dan tentu saja di bumi yang paling mudahnya kita bias mendapatkannya dari air.
lalu bagaimana hidrogen dapat menghemat BBM? Seperti yang sudah diulas diatas tadi sifat hidrogen yang terkandung dalam air memiliki sifat mudah meledak/terbakar seperti halnya bensin atau minyak tanah. Sedangkan mesin memerlukan bahan bakar untuk melakukan proses pembakaran didalam ruang bakar untuk menciptakan tekanan yang menggerakkan piston. Untuk melakukan proses pembakaran mesin membutuhkan bahan bakar seperti bensin, premium, pertamax atau solar lalu didalam ruang bakar mesin, busi akan memercikan apai guna membakar bahan bakar tersebut sehingga dapatmenggerakkan piston. Nah sekarang bagai mana jika BBM yang selama ini kita beli kini kita gantikan dengan Hidrogen yang banyak terdapat di air.
Gimana caranya mendapatkan Hidrogen dari air? caranya dengan melakukan elektrolisis pada air yaitu penguraian senyawa air (H2O) menjadi oksigen (O2) dan hidrogen gas (H2) dengan menggunakan arus listrik pada elektroda yang melalui air tersebut. Gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan dari reaksi ini membentuk gelembung pada elektroda dan dapat dikumpulkan. Prinsip ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Atau jika mau iseng iseng pengen percobaan bias lakukan dengan cara berikut Ambil air di dalam sebuah gelas, ingat harus menggunakan air bersih, terus ambil 2 baterai 1.5 V yang berukuran besar, lalu buka kedua baterai itu. Kalau sudah, kamu nanti akan memnemukan sebuah batangan hitam (elektroda). Lalu kedua batangan itu sambung ke baterai 9V. Lalu celupkan dua elektroda itu tadi. Maka akan terlihat gelembung-gelembung hidrogen pada elektroda, hati-hati jangan lakukan percobaan ini dekat api karena sifat hidrogen sangat mudah terbakar.
Hidrogen ini belum dapat digunakan 100% persen pada mesin kendaraan komvensional saat ini karena Kendaraan bermotor umumnya di desain untuk menggunakan bensin (otto cycle), yakni campuran antara cetane (C7H16) dan octane (C8H18). Jadi jika ingin mengaplikasikan Hidrogen ini sebagai bahan bakar, harus mendesain ulang prinsip kerja motor pembakaran piston. Tapi bukan berati teknelogi ini tidak bisa digunakan, kalo tidak biasa untuk apa artikel ini saya posting.
Katanya bapak Djoko yang berhasil membuat teknelogi sederhana ini untuk kendaraan, Hidrogen hasil elektrolisis yang membentuk gelembung udara dapat disalurkan ke manipol dan bercampur dengan bensin yang sudah dikabutkan oleh karburator menuju ruang pembakaran. Pembakaran yang dengan tambahan gas hidrogen ini ternyata makin kuat, yang berdampak pada penghematan BBM. Bisa dikatakan air bias buat menghemat BBM yang harganya mahal saat ini. Menurut Djoko, biaya untuk membuat rangkaian penghemat BBM yang dibutuhkan untuk pembelian tabung plastik, elektroda, dioda, lampu, dan kabel hanya mencapai puluhan ribu rupiah.
Ini merupakan teknelogi masa depan, mungkin 50 tahun kedepan semua kendaraan sudah menggunakan bahan bakar hidrogen yang sekarang teknelogi ini sudah gencar dikembangkan oleh produsen-produsen otomotif dunia. Atau bias dikatakan suatu hari nanti kita ridak perlu lagi keluarin duit utuk beli BBM. Tinggal isi tangki pake air mobil jalan deh.
Kendaraan hidrogen adalah kendaraan yang mempergunakan gas hidrogen sebagai bahan bakarnya. Kereta ini tidak terbatas pada mobil saja, melainkan telah ada pesawat udara yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya. Pada dasarnya kereta seperti ini ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar konvensional seperti minyak yang biasanya akan menimbulkan polusi dan efek rumah kaca.

Teknelogi bahan bakar hidrogen ini sebenarnya sudah lama ditemukan sejak 90 tahun yang lalu. tetapi karena pembisnis-pembisnis minyak takut bangkrut pada saat itu hasil temuan ini dihilangkan, bukan hanya temuannya, tetapi juga penelitinya. Nasib tragis dialami Nicola Tesla yang dipenjara dan dihukum mati tahun 1943 dan Stanley Meyer dari AS yang terbunuh tahun 1998. Upaya pembuatan bahan bakar air (watercar) sebenarnya telah dirintis lebih dari dua abad, tepatnya pada tahun 1805 oleh Isaac de Rivaz yang dari Swiss. Ia orang pertama yang menggunakan hidrogen yang dihasilkan dari elektrolisa sebagai bahan bakar untuk mesin. Namun ketika itu rancangannya belum dapat memuaskan. Setelah itu, tersebutlah beberapa nama peneliti yang melanjutkan upaya itu, seperti Luther Wattles dan Rudolf A Erren. Kemudian, Yull Brown, warga Sydney, Australia, pada tahun 1974 berhasil membuat BBA untuk menggerakkan mesin.

Bahan Bakar Hidrogen


Kebenaran tentang Hydrogen Fuel Systems
HHO atau hidrogen oksigen hibrida mendapatkan banyak popularitas hari ini. Bahan Bakar Mungkin popularitasnya dapat disebabkan oleh tingginya harga gas di pasar Tambang Minyak dunia. Banyak pemilik mobil maupun pemilik rumah Kerja Keras ingin tahu cara kerja sistem bahan bakar hidrogen.

Anda mungkin juga akan bertanya-tanya bagaimana menjalankan mobil dengan penggunaan bahan bakar hidrogen. Yah semua pertanyaan berjalan dalam pikiran Anda akan terjawab saat Anda membaca.

Beberapa pertanyaan yang paling sering ditanya oleh orang-orang adalah :

. Apakah sistem bahan bakar hidrogen sulit untuk berkumpul
. Bagaimana sistem kerja
. Apakah sistem bahan bakar hidrogen yang harus sekarang

tiga pertanyaan ini akan terjawab bahkan sebelum Anda selesai membaca artikel ini.

Anda tidak perlu menjadi seorang ahli mekanik untuk merakit sistem bahan bakar hidrogen. Anda dapat menemukan video dan buku petunjuk untuk membantu Anda dengan tugas perakitan. HHO car kit yang saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko besar pada harga yang wajar. Anda dapat dengan mudah membeli kit dan kemudian Anda dapat mengumpulkan berbagai bagian dari HHO generator.

Selain dari HHO kit orang-orang yang tidak suka melakukan hal-it-yourself kegiatan dapat membeli siap pakai sistem bahan Kerja Keras bakar hidrogen. Tapi tentu saja jika Sumber Energi Anda memilih alternatif ini itu bisa sangat mahal. Cobalah untuk menghitung biaya bensin tahunan Anda. Biaya yang sudah jadi sistem bahan bakar hidrogen masih tidak mahal.

Apa yang Hydrogen Fuel Cells

Sudah ada beberapa alternatif sumber energi. Salah satu sumber alternatif ini awalnya ditujukan untuk program luar angkasa Minyak Tanah tapi sekarang beberapa studi sudah mempertimbangkan untuk mobil digunakan. Sel bahan bakar hidrogen memang mendapatkan banyak perhatian di hari ini saat-saat ada kebutuhan besar bagi sumber energi lain.

sel bahan bakar hidrogen sama seperti baterai tradisional. Sebuah reaksi kimia menghasilkan listrik dan muatan listrik. Namun masih ada perbedaan. Anda lihat dengan baterai daya dihasilkan jika sel secara terus-menerus disertakan dengan Minyak Dan Gas hidrogen. Untuk memahami bagaimana kerja sel bahan bakar baca terus.

ukuran sel Oli Mesin dan hidrogen menentukan aliran listrik yang dihasilkan. Ketika reaksi kimia terjadi antara udara dan hidrogen tiga hal yang dihasilkan yaitu – panas air dan listrik. Sel bahan bakar Minyak Dan Gas output panas yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber energi lain seperti bahan bakar fosil. Tapi tetap saja ada keuntungan dalam menggunakan sel bahan bakar hidrogen.

Salah satu keuntungan jelas adalah bahwa sel-sel bahan bakar bersih karena produk sampingan yang panas dan air. Produk sampingan ini tidak dapat membahayakan lingkungan. Sel bahan bakar memiliki tingkat efisiensi berkisar antara – dibandingkan dengan bensin dengan hanya tingkat efisiensi. Setiap kali listrik

diperlukan Anda dapat menggunakan sel bahan bakar. Ukuran sel bahan bakar scalable.

Fuel Bagaimana untuk Mobil Hidrogen Kerja
Anda sekarang dapat menemukan bahan bakar hidrogen untuk mobil Anda atau mobil dan mengalami banyak manfaat yang dapat menyediakan. Beberapa mobil hidrogen masih sedang Bahan Bakar diuji untuk membuktikan efisiensi tapi waktu akan tiba ketika mobil-mobil ini akan sepenuhnya diterima di jalan. Akan sangat bermanfaat jika ada banyak stasiun hidrogen di seluruh dunia baik siapa tahu … mungkin saat itu akan datang juga.

Permintaan bahan bakar hidrogen untuk Energi Minyak mobil akan segera meningkat sebagai sumber bahan bakar hidrogen menjadi stabil. Dengan menggunakan kendaraan bertenaga hidrogen Anda dapat menikmati mengemudi selama sekitar satu bulan tanpa mengisi tangki yang terpisah jarak tempuh kan Saat ini penuh mobil bertenaga hidrogen belum tersedia.

Namun mesin mobil yang ada sekarang dapat diubah dan dikonversi. Setelah dimodifikasi mobil dapat menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar. Tahun beberapa produsen mobil akan meluncurkan mobil bertenaga hidrogen secara penuh yang dapat menjawab hari ini energi dan masalah lingkungan.

Dengan sedikit bahan bakar hidrogen untuk mobil saat ini harga terlalu tinggi untuk orang biasa untuk membeli. Tapi tidak ada yang bisa benar-benar tahu apakah mobil bahan bakar hidrogen akan segera harga terjangkau. Pada saat ini Anda dapat memiliki dikonversi kendaraan Anda sehingga Anda bisa mendapatkan merasakan mengemudi kendaraan bahan bakar hidrogen. Yakinlah bahwa Anda dapat menyimpan banyak uang karena Anda akan menggunakan air bukannya energi minyak bensin.

Sekarang Anda tahu apa sel bahan bakar hidrogen adalah semua tentang. Sel-sel bahan bakar tidak terutama digunakan untuk menyediakan listrik karena saat ini para pembuat mobil mencoba untuk produsen mobil yang digerakkan oleh hidrogen.

Smartphone Buruan tahun 2012

Inilah daftar Smartphone yang paling ditunggu pada tahun 2012. Para gadgeters pastinya sudah gak sabar nunggu gebrakan baru yang akan hadir tahun 2012 nanti. Nah, kesempatan ini merahitam akan berbagi info seputar smartphone 2012 yang akan hadir dalam waktu dekat ini. Apa sajakah gebrakan di bidang Smartphone yang pastinya akan semakin ramai, Ok simak dibawah ini:

smart+phone+m89 10 Smartphone Paling Ditunggu 2012

1. Nokia Lumia

Ponsel pintar ini merupakan penerus Lumia 800. Ia disebut-sebut akan menggunakan
10 Smartphone Paling Ditunggu 2012

OS Windows 7 yang telah diperbarui dan layar yang lebih lebar, yaitu 4,3 inci ClearBlack AMOLED dan prosesor 1,4 GHz.

Ponsel ini juga dilengkapi kamera 8 megapiksel dengan Carl Zeiss Optic.Lumia 900 diperkirakan akan diperkenalkan pada Consumer Electronics Show (CES) 2012 di Las Vegas pada Januari mendatang.

2. HTC Edge

Prosesor quad-core akhirnya akan ditanamkan pada ponsel Android pada 2012 nanti dan HTC Edge merupakan salah satu pionirnya.
10 Smartphone Paling Ditunggu 2012HTC

Ponsel dengan layar sebesar 4,7 inci ini disebut-sebut akan diperkuat prosesor Nvidia AP30 Tegra 3 1,5 GHz, RAM sebesar 1 GB dan kapasitas penyimpanan internal 32 GB.

Sayangnya ponsel ini diperkirakan belum akan mengadopsi Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich.

3. Ponsel Android-Intel

Awal Desember ini Intel mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah menyiapkan tablet dan ponsel cerdas Android 4.0 yang menggunakan prosesor Atom terbarunya, dan memiliki nama sandi Medfield.

Ini merupakan langkah besar bagi Intel. Sebab, sebelumnya mereka sama sekali belum bermain di persaingan ponsel cerdas.

4. iPhone 5

Daftar ini tentu tak akan lengkap tanpa ponsel cerdas Apple, iPhone 5. Kemunculan iPhone 4S pada Oktober tahun ini sedikit mengecewakan karena tidak terlalu membawa perubahan pada perangkat kerasnya.

Oleh Karena itu Apple diharapkan akan mengeluarkan iPhone 5 pada 2012. Ponsel ini disebut-sebut sebagai proyek terakhir yang melibatkan Steve Jobs dan akan diluncurkan setelah pertengahan 2012.

Ponsel ini juga diperkirakan akan menggunakan prosesor quad-core dan akan mendukung 4G/LTE. Namun mengingat Apple adalah perusahaan yang dikenal tertutup, belum ada satu rumor pun yang dapat dikonfimasi.

5. BlackBerry 10

Ini adalah produk yang diharapkan dapat mengangkat kembali citra Research in Motion (RIM) yang pada tahun ini harus menelan pil pahit berkali-kali, mulai dari kegagalan PlayBook hingga matinya layanan.

Sayangnya, produk yang diperkirakan akan muncul pada awal tahun ini ditunda peluncurannya hingga pertengahan tahun depan. Ponsel cerdas ini berjalan dengan prosesor 1,5 GHz, RAM sebesar 1 GB, dan kamera 8 megapiksel.

Pada pertengahan November lalu juga terdapat sebuah foto sebuah perangkat berlabel BlackBerry yang belum pernah muncul sebelumnya. Perangkat dengan layar sentuh 3,7 inci ini diperkirakan merupakan gambar perangkat BlackBerry 10.

6. Amazon Kindle Phone

Pertengahan November lalu Amazon dirumorkan akan mengeluarkan ponsel cerdas yang disebut Kindle-Phone dengan harga sekitar US$ 200.

Belum muncul detail mengenai produk ini. Namun bila kabar ini benar, maka persaingan ponsel cerdas akan semakin menarik, mengingat tahun ini Amazon dinilai cukup berhasil memasarkan produk tabletnya.

7. Ponsel Facebook

Isu mengenai Facebook akan mengeluarkan ponsel sebenarnya sudah muncul sejak 2010 silam, namun belum ada bukti baru raksasa jejaring sosial ini memang akan meluncurkan produk ini.

Hingga akhir November lalu, berdasarkan seorang ‘sumber dari dalam’, Facebook disebutkan telah menggandeng HTC untuk memproduksi ponsel Android modifikasi yang diberi nama sandi ‘Buffy’.

8. HTC Ville

Ponsel besutan HTC kembali masuk dalam daftar dengan HTC Ville. Ponsel ini diperkirakan akan menjadi ponsel Android tertipis dengan ketebalan hanya mencapai 8 milimeter.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan layar 4,3 inci, kamera 8 megapiksel, dan sistem operasi Ice Cream Sandwich.

9. Ponsel Android Panasonic

Awal Desember ini Panasonic mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan segera masuk ke pasar ponsel cerdas Eropa di Maret 2012.

Ponsel ini akan menggunakan sistem operasi Android, memiliki layar seluas 4,3 inci, dan diklaim anti air maupun debu.

10. Ponsel Berlayar Fleksibel

Samsung pada akhir Oktober lalu mengumumkan akan meluncurkan ponsel dengan layar fleksibel. “Layar fleksibel ini kami rencanakan akan keluar tahun 2012.

Kemungkinan di awal tahun,” ujar juru bicara Samsung, Robert Yi, pada PC World.

Perusahaan asal Korea Selatan ini telah mendemonstrasikan layar OLED (organic light emitting diode) fleksibel selebar 4,5 inci.

Sementara itu Nokia juga telah memamerkan prototype ponsel fleksibel yang bisa ditekuk. Namun belum diketahui apakah Nokia juga akan meluncurkan ponsel dengan teknologi tersebut dalam waktu dekat.

Buat sobat yang pengen ganti smartphone ada baiknya menunggu hingga keluaran gadget terbaru ini muncul. 2012 tinggal hitungan hari so kuartal pertama launching disitu sobat bisa menentukan pilihan. icon smile 10 Smartphone Paling Ditunggu 2012

Cara Verifikasi Paypal Gratis

Ringkasan ini tidak tersedia. Harap klik di sini untuk melihat postingan.

Selasa, 27 Desember 2011

Inovasi Gila Terhadap Galon dan Dispensernya


Kebayang sulitnya mengangkat botol air galon yang berat dan besar ukurannya. Sebuah handle atau pegangan pada salah satu sisi botolnya akan sangat memudahkan kita mengangkatnya.Menyimpan botol galon memang memakan ruang karena ukurannya yang cukup besar, konsep baru ini memudahkan kita menyimpan botol galon isi ataupun kosong secara vertikal.

Dengan dispenser ini kita dapat menghemat banyak tenaga, sebab tidak perlu mengangkat botol air yang berat dan membalikkannya, cukup tempatkan di sisi bawah dispenser, dan air segar dapat dinikmati.
ZeroWater Z-bottle Filtration System

Whitewater Bottled Water Dispenser Set

Inovasi sederhana ini dapat menghemat kita puluhan ribu minimal sebab kta tidak perlu membeli dispenser keramik yang memiliki risiko besar pecah atau membeli pompa tangan yang melelahkan. Dengan penyangga botol dan keran inovatif ini, air akan mengalir dengan lancar dengan memanfaatkan tenaga gravitasi saja.